Peningkatan mutu kualitas pelayanan kepada pelanggan merupakan kunci perusahaan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi mengharuskan perusahaan untuk benar-benar mementingkan kualitas pelayanannya. Pelanggan yang puas dengan kinerja perusahaan secara tidak langsung akan menimbulkan dampak yang sangat positif bagi perjalan hidup perusahaan dalam jangka panjang, akhirnya loyalitas merupakan tambahan untuk kepuasan pelanggan dengan perasaan pelanggan. Perusahaan yang mampu menciptakan kepuasan pelanggan ini yang akan menggiring pelanggan semakin loyal ke perusahaan.

Loyalitas dalam hal ini mengacu pada pelanggan yang mengeluarkan banyak biaya demi mendapatkan produk perusahaan, dengan kata lain pelanggan tidak ambil pusing dengan besarnya biaya yang dikeluarkan. Loyalitas pelanggan adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh perusahaan, karena jika pelanggan sudah loyal kepada perusahaan maka pelanggan akan membantu mempromosikan produk perusahaan kepada orang-orang terdekat, dimana hal ini dapat menjadikan produk perusahaan memiliki prioritas di hati para pelanggan setia dan kemungkinan kecil untuk pelanggan berpaling kelain hati, khususnya berpaling ke produk perusahaan kompetitor.

Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu sarana untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan antara perusahaan dengan para stakeholder maupun shareholder-nya. Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan CRM untuk menjalin hubungan erat dengan pelanggan, dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi dua arah atau timbal balik di antara mereka, dengan demikian kesetiaan pelanggan dapat dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk dan merek, terlebih produk dan merek perusahaan pesaing.

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Caranya adalah dengan membantu berbagai bentuk perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggannya dengan tepat, memperoleh lebih banyak pelanggan dengan lebih cepat, dan mempertahankan kesetiaan pelanggannya.

Anda perlu tau manfaat yang akan Anda dapatkan jika perusahaan Anda menerapkan CRM anatara lain sebagai berikut.

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan menggunakan CRM memungkinkan perusahaan Anda untuk mendapatkan informasi secara keseluruhan dari berbagai sumber yang berhubungan langsung dengan pelanggan, baik melalui call center, website, staf pemasaran dan pelayanan di lapangan. Konsistensi dan aksesibilitas informasi ini memungkinkan perusahaan untuk senantiasa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan Anda.

2. Mengurangi Biaya

Pemanfaatan teknologi dalam customer relationship management memungkinkan setiap kegiatan penjualan dan pelayanan di perusahaan Anda menjadi lebih murah karena pemasarannya lebih terfokus pada pelanggan yang tepat serta waktu yang tepat pula.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Otomasi penjualan dan proses layanan dari perusahaan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cashflow perusahaan Anda. Penggunaan teknologi web dan call center misalnya, akan mengurangi hambatan birokrasi dan biaya serta proses administratif yang mungkin timbul.

4. Peningkatan Time to Market

Dengan CRM, perusahaan Anda akan mendapatkan informasi dari pelanggan berupa data tentang produk apa saja yang menjadi trend pembelian saat ini. Hal ini akan mempercepat produk masuk ke pasar dengan memanfaatkan data dan informasi yang lebih baik mengenai pelanggan dan trend pembeliannya, serta membuat perencanaan yang lebih baik melalui integrasi dengan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP).

5. Meningkatkan Pendapatan

Kumpulan informasi yang diperoleh dari aplikasi CRM ini akan memudahkan perusahaan Anda dalam meningkatkan pelayanan dan keuntungan perusahaan. Perusahaan Anda dapat melakukan penjualan dan pelayanan melalui website sehingga peluang dari penjualan secara global tanpa perlu menyediakan upaya khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan tersebut.

Inotive Technology menyediakan layanan pembuatan website maupun aplikasi mobile berbasis Customer Relationship Management (CRM). Melalui CRM, perusahaan Anda dapat mengetahui lebih dalam sejauh mana memanfaatkan CRM dalam usaha bisnis saat ini dan bagaimana cara perusahaan Anda dapat meningkatkan penjualannya serta mengetahui pelanggan dengan baik. Tertarik bekerja sama dengan kami? Silahkan hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Mari Bergabung

Kami tertarik
untuk berbicara tentang bisnis Anda.